TEKS LAPORAN ASIL OBSERVASI (PENGAMATAN) BAHASA JAWA | Bene Ngerti
Bene Ngerti

merupakan blog yang berisi tentang artikel yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan wawasan-wawasan mengenai ilmu pengetahuan. Berbagai artikel tentang materi pembelajaran disekolah bisa ditemukan pada blog ini. selain itu blog bene ngerti juga membahas mengenai perangkat-perangkat pembelajaran bagi guru. blog ini juga membahas mengeni sejarah-sejarah atau asal-usul suatu tempat atau kejadian.

Sunday 26 July 2020

TEKS LAPORAN ASIL OBSERVASI (PENGAMATAN) BAHASA JAWA

  Bene Ngerti       Sunday 26 July 2020

TEKS LAPORAN ASIL OBSERVASI

TEGESE TEKS LAPORAN ASIL OBSERVASI (Pengertian Teks Hasil observasi)

Teks laporan asil observasi yaiku: teks kang nerangake utawa ngandharake laporan ngenani asil observasi kang wis ditindakake marang sawijining barang, kahanan utawa objek tartamtu. (teks yang menjelaskan atau menerangkan laporan mengenai observasi yang sudah dilakukan terhadap suatu barang, atau objek tertentu)
  • Observasi yaiku: pengamatan utawa panliten. 
  • Tujuwan anane teks laporan observasi yaiku: kanggo menehi informasi ngenani panaliten kang wis ditindakake dening paneliti (observer). (tujuan adanya teks laporan observasi adalah untuk memberi informasi yang sudah dilakukan oleh peneliti/pengamat)

Struktur Laporan  Asil Observasi


  1. Dhefinisi Umum Yaiku perangan utawa bagean sing nerangake  titikan (ciri-ciri), barang, tandha, lan sapanunggalane. (dhefinisi umum adalah bagian yang menjelaskan ciri-ciri barang, tanda, dan yang lainya)
  2. Dheskripsi Bagean/ Klasifikasi Yaiku perangan sing mantha-mantha manut jinis lan klompoke , utawa perangan sing nerangake gegambaran  sing luwih rinci. (Deskripsi bagean/klasifikasi adalah bagian yang membagi-bagi menurut jinis atau kelompoknya, atau bagian yang menjelaskan gambaran yang lebih rinci)
  3. Dheskripsi Manfaat/Kegunaan Yaiku perangan sing mujudake simpulan utawa dudutan saka asile observasi. (Deskripsi manfaat/kegunaan adalah bagian yang merupakan kesimpulan dari hasil observasi)

                          Tuladha/conto Teks laporan observasi

Titikan (Ciri-Cir) Teks Laporan Hasil Observasi:

  1. Ngandhut fakta utawa kedadeyan kang sebenere. (mangandung fakta atau kejadian yang sebenarnya)
  2. Asipat apa anane (objektif), bisa dadi sumber pawarta  (informasi), lan gampang dipahami (komunikatif) 
  3. Ditulis kanthi sampurna lan jangkep (ditulis dengan sempurna dan lengkap)
  4. Ora ngandharake bab-bab kang ora selaras lan ngandhut  prasangka. (tidak menjelaskan hal-hal yang tidak sesuai dan mengandung prasangka/ keadaan yang belum pasti)
  5. Bisa narik kawigaten para maos. (bisa menari perhatian para pembaca)
  6. Dicritakake kanthi basa kang becik lan cetha. (dicritakan dengan Bahasa yang baik dan cetha)



logoblog

Thanks for reading TEKS LAPORAN ASIL OBSERVASI (PENGAMATAN) BAHASA JAWA

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment