Pengertian Tata Cara panulisane Aksara Rekan | Bene Ngerti
Bene Ngerti

merupakan blog yang berisi tentang artikel yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan wawasan-wawasan mengenai ilmu pengetahuan. Berbagai artikel tentang materi pembelajaran disekolah bisa ditemukan pada blog ini. selain itu blog bene ngerti juga membahas mengenai perangkat-perangkat pembelajaran bagi guru. blog ini juga membahas mengeni sejarah-sejarah atau asal-usul suatu tempat atau kejadian.

Sunday 23 August 2020

Pengertian Tata Cara panulisane Aksara Rekan

  Bene Ngerti       Sunday 23 August 2020

Aksara Rekan

Sebelum membahas lebih lanjut cara menulis Aksara Rekan, mari kita kupas dahulu historisnya. Jadi pengertian aksara rekan berasal dari kata “reka” atau dirancang/dibuat. Jadi memang aksara ini dibuat atau diciptakan untuk menyesuaikan dengan ejaan dalam penulisan aksara latin (alfabet). Kenapa dilengkapi? Karena dalam penulisan aksara Jawa tidak ada huruf atau ejaan F, Dz, Kh, maka aksara rekan ini dibuat atau diciptakan untuk penulisan bahasa-bahasa mancanegara atau penulisan bahasa serapan. Nah sekarang kita bahas apa sih aksara rekan itu dan bagaimana penulisanya.

Kaya sing wis dicethakake ing ndhuwur tegese Aksara rekan yaiku aksara kang direka utawa digawe kanggo njangkepi cacahe aksara kang ora bisa ditulis nganggo aksara Jawa (aksara legena). (seperti yang sudah djelaskan di atas, pengertian aksara rekan yaitu aksara yang direka atau dirancang/disesuaikan untuk melengkapi jumlah aksara Jawa yang tidak bisa ditulis menggunakan aksara Jawa(aksara legena).

    Cacahe aksara rekan iku ana lima, dene wujude aksara rekan kaya ing ngisor iki (Jumlah Aksara Rekan itu ada lima, wujud aksara rekan seperti dibawah ini):


TATA CARA PANULISAN AKSARA REKAN 





logoblog

Thanks for reading Pengertian Tata Cara panulisane Aksara Rekan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment