Aksara Angka Jawa | Bene Ngerti
Bene Ngerti

merupakan blog yang berisi tentang artikel yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan wawasan-wawasan mengenai ilmu pengetahuan. Berbagai artikel tentang materi pembelajaran disekolah bisa ditemukan pada blog ini. selain itu blog bene ngerti juga membahas mengenai perangkat-perangkat pembelajaran bagi guru. blog ini juga membahas mengeni sejarah-sejarah atau asal-usul suatu tempat atau kejadian.

Sunday 23 August 2020

Aksara Angka Jawa

  Bene Ngerti       Sunday 23 August 2020

 

 AKSARA ANGKA JAWA

Angka Jawa Angka Jawa wiwit angka 1 nganti 9 lan ditambah 0. (Aksara Angka Jawa ditulis mulai dari angka 1 sampai 9 dan ditambah 0)




Wujude angka Jawa, yaiku:



Aksara Angka Jawa iku wujude ana sing padha karo aksara Jawa (aksara legena). Supaya ora mbingungake, kanggo nulis angka Jawa dipisahake kanthi pada pangkat (:) Aksara Angka Jawa bentuknya ada yang sama dengan aksara Jawa (Aksara Legena), maka agar tidak membingungkan, untuk penulisan aksara angka Jawa dipisahkan dengan “pada pangkat” (:)  bentuk pada pangkat ini seperti sandangan cecak tapi ditulis seperti tanda titik 

Perkara kang kudu digatekake nalika nulis aksara angka Jawa(hal yang perlu diperhatikan dalam menulis aksara angka Jawa):

Tumrap angka Jawa kang manggon ing tengahe ukara diapit nganggo pada pangkat, dene yen sawise angka Jawa ana tandha koma (,) utawa titik (.), pada pangkat cukup dadi pamisah bae. (untuk penulisan aksara Jawa yang berada ditengah kalimat, maka harus dihimpit atau sebelum dan sesudah penulisan aksara angka harus ditulis pada pangkat (:) dan jika setelah penulisan angka jawa ada tanda koma, atau titik maka “pada pangkat” hanya saebagai pemisah saja.

Berikut Contoh Penulisan Aksara Angka Jawa



logoblog

Thanks for reading Aksara Angka Jawa

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment